x

LBH CCI ADAKAN SEMINAR NASIONAL KHUSUS BAGI KEPALA DESA, LURAH-WALI NAGARI BERSEMPENA DENGAN HARI LAHIR PANCASILA

waktu baca 2 menit
Sabtu, 25 Mei 2024 14:53 0 390 Pimrus skn

Suarakeadilannews.id

Padang, Setelah sukses LBH CCI mengadakan Seminar, Diklat, dan Worshop bertema Hukum, baik secara tatap muka (Ofline) maupun secara Virtual (Online). Saat ini LBH CCI mengadakan Seminar Nasional Gratis Khusus untuk Kepala Desa, Lurah, dan Wali Nagari (Kepala Desa Adat) dalam rangka memperungati hari lahirnya Pancasila 1 Juni 2024, secara Online. Demikian keterangan Direktur LBH CCI Rusdi,SH.,CFLE saat ditemui media, Sabtu (25/05/2024).

Paralegal Justice Award merupakan program rutin Kemenkum & Ham RI setiap tahun, dimana pesertanya khusus Kepala Desa, Lurah, dan Wali Nagari yang berjasa sebagai juru damai di Desanya masing masing.

Syarat yang harus dipenuhi oleh Kepala Desa yang mengikuti paralegal Justice Award diantaranya : punya SK Kades/Lurah/Wali Nagari yang masih berlaku, KTP, Daftar Riwayat Hidup, Pas Photo 4X6, Surat Perintah mengikuti PJA dari atasan, Sertifikat Paralegal, dan kelengkapan Portofolio.

Tahapan yang harus dilalui peserta adalah : Pendaftaran, Pembekalan Pra PJA, Seleksi oleh Panselda (Kabupaten/Kota), Seleksi Panselprov, dan Seleksi Panselnas (terdiri dari : Kemenkunham RI, Mahkamah Agung, Kemendagri, Kemendesa PDTT, & BPIP).

NID:SIZE:170 KB

Sedangkan peran LBH CCI adalah melakukan pembinaan pada Kepala Desa/Lurah/Wali Nagari sebelum pendaftaran sampai Panselnas. Bagi yang berminat dapat menghubungi Sekjen Perkumpulan Profesi Paralegal Nasional (Dr H Misri WA 081270508423) tiap provinsi 3 Desa/Kelurahan/Nagari. Pembinaan telah dimulai pada bulan Mei 2024.

Ketum LBH CCI Prof DR KH Sutan Nasomal,SH.,MH.,PhD sangat mengapresiasi diadakannya Seminar Paralegal Justice Award bagi Kepala Desa/Lurah/Nagari, sekaligus upaya pembinaannya bagi Kepala Desa, Lurah, dan Wali Nagari. Semoga semakin banyak terbentuk Desa Sadar Hukum, Kelurahan Sadar Hukum, dan Nagari Sadar Hukum. Ujar Prof Sutan Nasomal saat ditemui media, Sabtu (25/05/2024).

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

LAINNYA
x