x

waktu baca 2 menit
Rabu, 9 Agu 2023 23:02 0 46 Samsul Rijal

Luwu Utara -Suarakeadilannews.id- Banyak cara yang dilakukan untuk menghargai jasa para pahlawan yang telah gugur dalam medan perjuangan melawan kaum penjajah. Seperti yang dilakukan salah satu sekolah dasar di Kecamatan Masamba Kabupaten Luwu Utara Provinsi Sulawesi Selatan.

Adalah UPT SD Negeri 097 Katokkoan Masamba. Sekolah dengan segudang prestasi dan inovasi ini kembali melakukan hal unik dan menarik dalam mengisi kemerdekaan Republik Indonesia. Sebanyak 16 gambar pahlawan nasional terlihat terpajang dengan indah di depan sekolah.

Dari 16 gambar pahlawan nasional ini, terdapat dua gambar pahlawan nasional asal Tana Luwu, yaitu Opu Daeng Risadju dan Andi Djemma, serta satu gambar pahlawan asal Gowa, Provinsi Sulawesi Selatan, Sultan Hasanuddin. Selebihnya, pahlawan yang sudah sangat dikenal.

Beberapa di antaranya adalah R.A. Kartini, Pangeran Diponegoro, Jenderal Soedirman, Buya Hamka, KH. Agussalim, dan sebagainya. Kepala UPT SDN Katokkoan, Supiyan Sakti, mengatakan, pemasangan gambar pahlawan nasional ini untuk mengenang kembali perjuangan mereka.

“Ide awalnya adalah kita ingin menancapkan kembali semangat perjuangan para pahlawan yang telah gugur di medan juang kepada anak didik kami agar mereka bisa menapaktilasi perjuangan para pahlawan nasional kita, serta memetik nilai-nilai perjuangan mereka,” tutur Supiyan.

Tak kalah pentingnya, kata dia, di tengah gempuran pengaruh dari publik figur, mulai pejabat negara, artis, seniman, budayawan, sampai olahragawan, pemasangan gambar pahlawan di depan sekolah makin menumbuhkan benih cinta siswa terhadap para pahlawan tersebut.

“Saat ini, tidak sedikit siswa-siswi kita yang mengidolakan para artis, olahragawan, serta publik figur lainnya. Padahal ada yang jauh lebih bagus untuk dijadikan sumber inspirasi terbaik, yaitu para pahlawan nasional kita yang telah gugur mengusir penjajah,” pungkas Supiyan. (LHr)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

LAINNYA
x