x

40 Orang Pimpinan Cabang Muhammadiyah se – Kabupaten Pasaman Barat Ikuti Baitul Arqam Angkatan

waktu baca 2 menit
Sabtu, 4 Nov 2023 14:44 0 52 Rezki Indah

SuraKeadilanNews.id Sukamenanti, MPIPDMPasbar – Baitul Arqam Angkatan 1 Pimpinan Cabang Muhammadiyah se – Pasaman Barat dibuka pada hari ini Sabtu 4/11 oleh Ronaldi, S.Ag, M.Pd Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Pasaman Barat yang didampingi Drs. Jon Misfar, M.Pd Wakil Sekretaris Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sumatera Barat/Sekretaris Majelis Pembinaan Kader Sumber Daya Insani PWM Sumatera Barat beserta unsur Pimpinan Daerah Muhammadiyah Pasaman Barat lainnya. Kegiatan pengkaderan wajib bagi pimpinan persyarikatan tersebut dilaksanakan di komplek Perguruan SMP Al Azhar Muhammadiyah Sukamenanti Pasaman Barat yang juga sekaligus merupakan kantor PDM Pasaman Barat.

Baitul Arqam bagi Pimpinan Cabang Muhammadiyah dilaksanakan sesuai amanat dari PP Muhammadiyah dalam rangka penguatan kembali kemuhammadiyahan dan pengejawantahan dari ikhtiar untuk peneguhan ideologi, konsolidasi organisasi dan kepemimpinan untuk Islam berkemajuan.

Pada angkatan 1 ini, 7 Cabang Muhammadiyah terdiri dari PCM Pasaman, PCM Sasak, PCM Paroman, PCM Talamau, PCM Kinali, PCM Kajai dan PCM Luhak Nan Duo dengan peserta 40 orang mengikuti pembinaan kader persyarikatan selama 2 hari sampai besok Ahad 5/11.

Kepada peserta diberikan materi wajib dari kurikulum perkaderan resmi yang disusun MPKSDI PP Muhammadiyah antara lain materi Pedoman Hidup Islami Warga Muhammadiyah, Model Pengembangan Ekonomi Persyarikatan, Gerakan Jama’ah dan Dakwah Jama’ah, Revitalisasi Cabang dan Ranting, dll materi penting lainnya. Peserta Baitul Arqam juga selama kegiatan berlangsung dibimbing kembali pelaksanaan ibadah wajib dan sunat seperti salat 5 waktu, salat sunat dan amalan – amalan lainnya oleh instruktur yang ditugaskan untuk hal tersebut.

Ronaldi menyampaikan dalam sambutannya saat membuka acara ini, Baitul Arqam yang diselenggarakan MPKSDI PDM Pasaman Barat ini merupakan turunan dari program “1000 Baitul Arqam” yang dicanangkan PW Muhammadiyah Sumatera Barat yang juga melaksanakan amanat PP Muhammadiyah. Penguatan ideologi kemuhammadiyahan menjadi begitu penting saat ini dalam menyikapi perkembangan zaman. Lanjut beliau, pimpinan cabang dan ranting merupakan kader yang menggerakkan. “Cabang harus berkembang dan ranting harus tumbuh,” imbuh Ronaldi lagi.

Dalam kesempatan pembukaan Baitul Arqam hari ini, Sekretaris MPKSDI PWM Sumatera Barat Jon Misfar berkenan menyerahkan sertifikat kelulusan perkaderan Baitul Arqam Pimpinan bagi 12 orang Pimpinan Daerah Muhammadiyah Pasaman Barat yang juga telah menjalani Baitul Arqam pada bulan Ramadan yang lalu di Gedung Dakwah Muhammadiyah Sumbar Jalan Sawahan 62 Padang. []

(Rilis/MPIPasbar_DM)

Rezki Indah

Nama Rezki Indah, M.Pd alamat Jr. Pematang Sontang Nagari Ranah Malintang Kecamatan Sungai Aur Kabupaten Pasaman Barat Provinsi Sumatera Barat, Moto Hidup " Jangan Pernah mengambil keputusan sebelum Tahu Kejadian Sebenarnya"

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

LAINNYA
x