x

BPN Pesisir Selatan Terkesan Bikin Masyarakat Susah Hari ini Minta ini Hari Esok Minta Syarat yang Lainya, BPN Juga Menolak Surat Masuk

waktu baca 3 menit
Minggu, 23 Mar 2025 15:30 57 Pimrus skn

 

SKN.ID: Pesisir Delatan

Adanya keluhan masyarakat kabupaten Pesisir Selatan terkait Pelayanan Badan Pertanahan Nasional (BPN) kabupaten Pesisir selatan22 Maret 2025,harusnya Pelayanan BPN sebagai pelayanan poblik jangan mempersulit masyarakat karena jarak tempat tinggal masyarakat bayak yang jauh ada sekitar 50km-80km,menurut masyarakat yang di konfirmasi awak media SKN.ID ini hari ini minta sayarat ini dan hari esok datang lagi minta lagi yang itu ,besok datang lagi suruh buat surat dari mamak waris lah,jadi kalau belum bisa mengimpormasikan Persyaratan lengkap terkait pengurusan tanah ulayat atau tanah sengketa tidak usah jadi pelayanan poblik, hal ini sangat menyusahkan masyarakat kami yang miskin tidak semua masyarakat yang berduit di pesisir Selatan.

Kepala BPN Harus bersikap Tegas bahwa Pelayanan poblik untuk masyarakat terkait Pertanahan itu sangat penting permasalahan sertifikat tanah dan apabila tanah ulayat bersengketa harus dan wajib di berikan pengumuman ke pada kelayak ramai kalau tidak ada yang mengugat baru bisa di buat setifikat sesuai prosedur ,Tanah sengketa tidak bisa langsung dibuat sertifikat, karena harus diselesaikan terlebih dahulu sengketanya.

Dilain Tempat Zulhakim.CFLE sebagai Ketua Lembaga Suadaya Masyarakat wilayah Hukum Provinsi Sumatera Barat dan Juga merangkap sebagai Paralegal LBH CCI Lembaga Bantuan Hukum Cendrawasih Celebes Indonesia sangat menyesalkan sikap dari oknum Pegawai Pelayanan Kantor Badan Pertanahan Nasional ( BPN ) Kabupaten Pesisir Selatan tidak menerima atau menolak  Titipan Surat yang kimi kirim ke BPN  Pesisir Selatan,Berarti BPN tidak menerima Surat masuk dari Pos atau dari Lembaga lain hal ini Pelayanan pegawai BPN Pesisir Selatan di duga memancing untuk sebuah unsur Aksi kami dari lembaga independen.

Sangat kami Duga BPN Kabupaten Selatan Tidak transfaransi memaparkan informasi persyaratan kepada masyarakat kami ,akhir nya masyarakat dalam pengurusan syarat syarat saja bisa bolok balik ke kantor BPN sampai 3-5 kali,hal ini membuat masyarakat sibuk dan sangat kecewa menghabiskan biaya transportasi yang bayak,BPN harus bersikap sebagai penengah bukan sebagai jogolo,supaya BPN jangan menjadi sebuah pembincangan poblik berpihak kepada pihak yang lain harus bekerja sesuai dengan Amanah.

Kami dari Lembaga independen Provinsi Sumatera Barat sangat terkesan kecewa menilai kurang bagus pelayanan yang di lakukan pegawai PBN kabupaten Pesisir Selatan surat kami di tolak dan membuat masyarakat Kabupaten Pesisir Selatan Kecewa,Dalam tindakan pelayanan ini kami minta Kepala BPN Pesisir Selatan Wajib meningkatkan Pelayanan baik masyarakat yang datang langsung dan baik yang melalui Surat atau Melalui Pos,Sekali lagi kami tekankan tolong di siapkan kotak Surat atau kotak Saran di kantor BPN Pesisir Selatan karena harganya tidak mahal sebab  kantor anda ini melayani semua Masyarakat dari semua unsur di  pesisir selatan tutup Paralegal LBH CCI .

Tim

 

 

 

 

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

x