x

Bupati Romi hadiri Pelepasan ekspor kelapa bulat tembus pasar Malasyia.

waktu baca 3 menit
Rabu, 9 Agu 2023 07:35 0 103 Syapri

Tanjabtim. Suara keadilan news.id-Bupati Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim) provinsi Jambi Romi Hariyanto yang diwakili oleh sekda Sapril menghadiri pelepasan perdana ekspor kelapa bulat, bertempat dikantor perhubungan kecamatan Nipah Panjang, untuk diekspor kemalaysia. Pada Selasa 8 Agustus 2023.

Kegiatan ekspor kelapa bulat dari Tanjabtim ke Batu Pahat Malaysia melalui transportasi kapal laut tersebut, diawali dengan pemotongan pita serta pemecahan kendi sebagai simbol perdana dimulainya ekspor kelapa bulat keluar negri.

Kegiatan ekspor kelapa bulat dari kabupaten Tanjabtim ke Malaysia melalui pelabuhan Nipah Panjang sebenarnya sudah lama dilakukan, namun untuk saat ini kegiatan ekspor tersebut lebih terarah dan lansung dibawa kemalaysia, karena sebelumnya transit dulu melalui provinsi Riau.

Kegiatan pelepasan ekspor kelapa bulat dari kabupaten Tanjabtim Ke Batu Pahat Malaysia mendapatkan pasaran baik diluar negri, sehingga dalam waktu 3 Minggu bisa mendapat kan hampir 6 milyar dari pencanangan desa ekspor Nipah Panjang.

Sekda Tanjabtim Sapril dalam sambutan yang mewakili Bupati Romi, mengapresiasi yang setinggi-tingginya bagi seluruh Stakeholder yang terus berkolaborasi dan bersinergi untuk mewujudkan IKM/UMKM yang mandiri melalui program Desa ekspor Nipah Panjang.

Potensi sumber daya alam di Nipah Panjang dan Tanjabtim saat ini belum dapat dioptimalkan secara baik dan efektif. namun berbagai upaya terus dilakukan oleh pemerintah Tanjabtim yang bersinergi dengan pemerintah provinsi, pusat, lembaga pemerintah serta lembaga non pemerintah, untuk mengatasi masalah-masalah dalam pengembangan perekonomian di Tanjabtim, salah satunya dengan meningkatkan dan mengembangkan kemandirian bagi IKM/UMKM sektor pangan,” Ujar Sekda.

Selanjutnya, Untuk mewujudkan komitmen tersebut berbagai tantangan dihadapi pada sektor IKM /UMKM seperti daya saing produk yang dihasilkan masih terbatas serta akses pasar yang belum optimal, pemerintah Tanjabtim melalui program Desa ekspor di Nipah Panjang akan mengembangkan dan meningkatkan kemandirian bagi IKM /UMKM.

Dan program Desa ekspor ini adalah serangkaian kegiatan untuk membantu IKM /UMKM agar dapat meningkatkan kemampuan dalam mengelola sumber daya alam atau potensi yang ada di desa dengan pemasaran yang efektif seperti memanfaatkan market sampah ke luar negeri dengan peran serta masyarakat dan lembaga perekonomian di desa, jelasnya.

Kemudian Sebagai wujud kolaborasi seluruh stakeholder dalam mempermudah pelayanan sektor ekspor pemerintah kabupaten tanjabtim saat ini telah mewujudkan kolaborator dalam pelayanan ekspor di Nipah Panjang. kegiatan ini didukung penuh pihak bea cukai balai karantina pertanian Kantor pelayanan kesehatan pelabuhan , Kesyabandaran.

Dan ke depan sangat Kami harapkan dukungan dari pihak imigrasi Jambi dengan adanya sentral pelayanan ekspor saat ini, Alhamdulillah telah terwujud kegiatan ekspor kelapa bulat dari Nipah panjang langsung ke luar negeri yaitu batu pahat Malaysia yang sebelumnya kegiatan ekspor kelapa bulat tersebut melalui pelabuhan Guntung Kepulauan Riau.

Kami juga berharap pada seluruh stockholder yang terlibat baik secara langsung ataupun tidak langsung untuk terus berkolaborasi dan bersinergi agar program ini dapat berjalan dengan baik dan berkesinambungan agar IKM/UMKM di Nipah Panjang dan pemkab Tanjabtim umumnya dapat mandiri dan berdaya saing.” Harapnya.

Setelah itu dilanjutkan dengan Penandatanganan dukungan pembangunan dan peningkatan IKM /UMKM melalui Desa ekspor Nipah Panjang.

Kegiatan yang dilaksanakan oleh Desperindag Tanjabtim tersebut dihadiri perwakilan Pemprov Jambi, kepala KPP Bea Cukai TMP B provinsi Jambi, kepala Kanit kelas 1 TPI provinsi Jambi, kepala balai karantina pertanian kelas 1 provinsi Jambi, kepala kesehatan pelabuhan kelas 3 provinsi Jambi, dinas terkait kabupaten Tanjab Timur, Forkompincam Nipah Panjang,Camat Nipah Panjang, Rantau Rasau,Sadu dan camat Berbak beserta kades dan lurah dan stockholder lainnya.(003.md).

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

LAINNYA
x