x

Ditemukan Warga Tarusan Tewas Diduga Terbakar Di Kawasan Lahan

waktu baca 2 menit
Rabu, 11 Okt 2023 16:37 0 75 Redaktur

Pesisir Selatan | Suarakeadilanews.id – Polisi mengungkapkan hasil penyelidikan terkait warga Kecamatan Koto XI Tarusan, Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) bernama Syafriadi alias Syaf (59) ditemukan dalam keadaan meninggal dunia di kawasan kebakaran lahan di daerah setempat.

Peristiwa kebakaran itu dilaporkan terjadi di kawasan perbukitan di Nagari Siguntur Tuo, Kecamatan Koto XI Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat, Selasa 10/10/2023 sekitar pukul 11.30 WIB.

Kapolsek Koto XI Tarusan, IPTU Donny Putra mengatakan, hal tersebut terkonfirmasi setelah pihaknya melakukan identifikasi penyebab meninggal korban ke tempat kejadian perkara (TKP).

Dalam hasil identifikasi dan keterangan para saksi, pihaknya tidak ada menemukan tanda-tanda kekerasan sebagai bukti tindak kriminal.

Sehingga kuat dugaan polisi, korban meninggal akibat dampak kebakaran lahan yang diduga dilakukan korban sendiri.

“Jadi memang akibat dampak kebakaran itu. Tidak ada tanda-tanda yang lain. Dugaan ya, akibat kebakaran itu,” kata Donny, Rabu (11/10/2023).

Donny menyebut, peristiwa nahas itu terjadi setelah beberapa jam korban pergi ke ladang hendak membersihkan tanaman Gambir nya yang sudah semak.

Saat diketahui membersihkan ladang tersebut, dari kejauhan, dari jalan raya terlihat kobaran api besar di area perbukitan yang diduga ladang milik korban.

Ternyata benar telah terjadi kebakaran di lahan tersebut, saat warga menyusuri lokasi kebakaran itu, ditemukan korban tergeletak dalam kondisi sudah tidak bernyawa.

“Kemungkinan sesak nafas, karena terlalu banyak menghirup asap, dan tubuhnya hanya bagian punggung yang melepuh, sebab, kondisinya ditemukan dalam posisi terlentang diatas bekas bara api,” sebut Donny.

Usai kejadian tersebut, pihak keluarga sudah menerima peristiwa itu sebagai sebuah musibah, karena memang dalam fisik korban tidak tanda-tanda mencurigakan bekas tindakan kriminal.

“Selain itu keluarga menolak untuk diautopsi, dan ikhlas itu karena musibah, karena memang, keluarga melihat tidak ada tanda-tanda kekerasan,” ungkap Donny.

Sebelumnya dilaporkan, Seorang warga di Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), ditemukan meninggal dunia, usai kebakaran lahan dan pondok terjadi di daerah setempat.

Kepala Dinas Pol PP-Damkar Pessel, Dailipal mengungkapkan, korban teridentifikasi bernama Syaf (57) warga Nagari Siguntur Muda yang diduga pemilik ladang.

“Tapi, untuk kronologis dan penyebab kejadian itu kewenangan polisi,” ungkap Dailipal.

Dailipal menjelaskan, pihaknya mendapatkan laporan, terkait kebakaran tersebut sekitar pukul 12.45 Wib berdasarkan laporan masyarakat.

“Pada kebakaran ini terdapat 1 orang korban jiwa, serta kerugian Rp 80 juta dengan luas lahan satu setengah hektar berisi tanaman gambir dan lainnya,” tutup Dailipal. (Cgm)

Redaktur

اللهم صلي على محمد وعلى اله محمد

[Man Arofa Nafsahu Faqad Arofa Robbahu]
"Barangsiapa mengenal dirinya, maka ia mengenal Tuhannya.”

"TIDAK HARUS SEDARAH UNTUK MENJADI SAUDARA SELAGI TAU MENGHARGAI & MEMANUSIAKAN MANUSIA ITULAH YANG DIANGGAP SAUDARA"

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

LAINNYA
x