x

Gubernur AAL Pimpin Upacara Pengambilan Sumpah Prajurit dan Kenaikan Tingkat Taruna AAL

waktu baca 3 menit
Kamis, 13 Jul 2023 16:46 0 40 Pimprus

 

AAL, Surabaya (13/7/2023);

Gubernur Akademi TNI Angkatan Laut (Gubernur AAL) Mayjen TNI (Mar) Endi Supardi memimpin upacara Pengambilan Sumpah Prajurit kepada Taruna AAL Calon Perwira Remaja TNI Angkatan Laut (Capaja) Angkatan ke-68 dan upacara Kenaikan Tingkat Taruna AAL Angkatan ke – 69, 70 dan 71 yang digelar di lapangan Aru, Kesatrian AAL, Bumimoro, Surabaya, Kamis (13/7).

 

Upacara dihadiri oleh Wagub AAL Laksma TNI Dato Rusman SN, Seklem AAL Laksma TNI Ni Ketut Prabhawati, pejabat utama AAL serta segenap Dosen dan Pengasuh Taruna.

Sebanyak 94 Taruna AAL Calon Perwira Remaja TNI Angkatan Laut (Capaja) Angkatan ke-68  Tahun 2023 dengan penuh khidmat dan sakral mengikrarkan Sumpah Prajurit. Ikrar dipandu Gubernur AAL Mayor Jenderal TNI (Mar) Endi Supardi dihadapan perwakilan Capaja dari empat agama (Islam, Kristen, Katholik dan Hindu) yang bersumpah dibawah kitab suci masing-masing dan disaksikan para Perwira Rohani, dan diikuti oleh seluruh Capaja Angkatan ke-68.

Sementara itu dalam upacara kenaikan tingkat dan pangkat Taruna AAL, ditandai dengan penyematan tanda pangkat Taruna (Cevron) oleh Gubernur AAL. Dari jumlah 580 Taruna yang naik pangkat dan naik tingkat, sebanyak 134 Taruna AAL Angkatan ke-69 naik tingkat menjadi tingkat IV dengan menyandang pangkat Sersan Mayor Satu Taruna (Sermatutar).

 

Kemudian 196 Taruna AAL Angkatan ke-70, naik menjadi tingkat III dengan menyandang pangkat Sersan Mayor Dua Taruna (Sermadatar). Sementara itu 250 Taruna AAL Angkatan ke-71, naik menjadi Tingkat II dengan menyandang pangkat Sersan Taruna (Sertar).

 

Pada upacara kali ini, Gubernur AAL juga memberikan anugerah tanda penghargaan Tri Sakti Wiratama Emas di masing-masing Angkatan, untuk Angkatan ke-69 diberikan kepada Sermadatar (M) Mochammad Irvan Sugianto, Angkatan ke-70 kepada Sersan Taruna (M) Tri Sakti Pakurimba Suriyadi Putra dan Angkatan ke-71 kepada Kopral Taruna (E) Muhamad Triyoga.

 

“Baru saja kita saksikan bersama prosesi pengambilan Sumpah Prajurit dan kenaikan tingkat Taruna AAL. Upacara pengambilan sumpah merupakan persyaratan wajib bagi Taruna untuk diresmikan dan wujud pernyataan kesetiaan menjadi prajurit TNI AL”, ungkap Gubernur AAL.

 

Rangkaian kegiatan ini pada dasarnya, lanjutnya,  merupakan kegiatan integratif Akademi TNI yang disiapkan untuk Taruna AAL menuju masa penugasan didalam organisasi TNI AL, sedangkan kenaikan tingkat merupakan wujud penghargaan dari Pemimpin kepada para Taruna yang telah memenuhi syarat untuk naik tingkat.

 

“Pengambilan Sumpah Prajurit bagi Taruna Calon Perwira Remaja mengartikan bahwa seluruh Taruna resmi terikat dan tunduk terhadap semua peraturan perundang-undangan yang mengatur tentang hak dan kewajiban seorang prajurit, Sumpah Prajurit mengandung konsekuensi sanksi hukum bagi yang melanggarnya”, tegas Gubernur AAL.

 

Kepada seluruh Taruna Akademi TNI Angkatan Laut yang naik tingkat, terkhusus lagi kepada Taruna yang berprestasi dengan mendapat predikat penghargaan Tri Sakti Wiratama, pada kesempatan ini saya atas nama pribadi dan seluruh jajaran Akademi TNI Angkatan Laut, mengucapkan selamat dan sukses atas kenaikan tingkat dan prestasi yang kalian dapatkan, itu semua merupakan hasil dari kerja keras kalian dalam menempuh pendidikan di AAL selama ini, pungkasnya.

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

LAINNYA
x