x

HUT Humas Polri Ke-72, Polres Teluk Wondama Laksanakan Penananam Pohon Demi Kelangsungan Ekosistem Alam

waktu baca 2 menit
Jumat, 13 Okt 2023 13:55 0 63 Redaktur

SuarakeadilanNews.id | Teluk Wondama _ Polres Teluk Wondama kembali melaksanakan giat penanaman pohon dalam rangka HUT Humas Polri ke-72, yang kegiatan nya bertempat di Pantai Kubiari Distrik Wondiboi dan Halaman Polres Teluk Wondama, Jumat (13/10/2023).

Yang hadir dalam kegiatan penanaman pohon tersebut, Kapolres Teluk Wondama AKBP Hari Sutanto, S.I.K., Dandim 1811/Teluk Wondama Letkol Inf. Budi Setiadi, S.I.P, Kadin Lingkungan Hidup Simson Samberi, Perwakilan Cabang Dinas Kehutanan, Kepala Distrik Wondiboi P. Ariks, Kepala Kampung Wondiboi Joshua Auri, para Pju Polres Teluk Wondama, Bhabinkamtibmas Distrik Wondiboi Brigpol Juven Manalu dan personel Polres Teluk Wondama serta staf Dinas LH Teluk Wondama.

Dalam rangka HUT Humas Polri yang ke-72 ini , Polres Teluk Wondama melaksanakan kegiatan penanaman pohon yang pelaksanaan nya di 4 lokasi di Wilayah Hukum Polres Teluk Wondama, yakni penanaman pohon mangrove sebanyak 600 bibit di Pantai Kubiari Distrik Wondiboi, Pantai Miei Distrik Wasior dan Kampung Windesi Distrik Windesi, serta penanaman pohon buah hitam sebanyak 200 bibit disekitar lokasi polres.

Kapolres mengatakan ,”Dalam Rangka HUT Humas Polri ke-72 , Kepedulian Polri Terhadap penghijauan yang dilaksanakan di empat tempat ,dengan penanaman 600 pohon mangrove dan pohon buah Hitam sebanyak 200 bibit.

Kata Warga Masyarakat setempat mengatakan, Penanaman pohon mangrove ini memiliki tujuan untuk menjaga keberlanjutan ekosistem alam dan laut, mangrove memiliki manfaat ganda, untuk menjaga kestabilan daerah pesisir dan mengurangi abrasi, sebagai rumah /sarang berbagai habitat spesies laut yang sangat penting bagi ekosistem laut.” tutur Kapolres.

Katanya Kapolres juga,”bahwa selain penanaman mangrove, Polres Teluk Wondama bekerja sama dengan Dinas Lingkungan Hidup serta Cabang Dinas Kehutanan melaksanakan penanaman Pohon Buah Hitam di halaman polres.

“Penanaman kali ini tergolong unik karena yang ditanam adalah pohon buah hitam. Perlu diketahui, bahwa buah hitam merupakan salah satu tanaman endemik Wondama,” imbuh Kapolres.

Keterangan dari sumber yaitu warga Masyarakat Wasior Teluk Wondama mengatakan,”

Buah hitam merupakan jenis tumbuhan lokal yang salah satu nya ada di Wondama yang biasa kami manfaatkan di masyarakat setempat sebagai sumber makanan tambahan, dan begitu pun biji buah hitam ini mengandung senyawa tanin dan flavonoid.

“Buah hitam atau lebih dikenal masyarakat dengan nama buah Piarawi dimanfaatkan daging buahnya sebagai sumber lemak atau pengganti makanan tambahan oleh masyarakat Wondama,” tutur Heri Susanto ,Jum’at 13/10/2023,” tutup (Is)

Redaktur

اللهم صلي على محمد وعلى اله محمد

[Man Arofa Nafsahu Faqad Arofa Robbahu]
"Barangsiapa mengenal dirinya, maka ia mengenal Tuhannya.”

"TIDAK HARUS SEDARAH UNTUK MENJADI SAUDARA SELAGI TAU MENGHARGAI & MEMANUSIAKAN MANUSIA ITULAH YANG DIANGGAP SAUDARA"

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

LAINNYA
x