x

Kadis Dikbud Lutra: Guru TK adalah Peletak Dasar Suksesnya Indonesia Emas 2045

waktu baca 2 menit
Sabtu, 23 Sep 2023 11:09 0 57 Samsul Rijal

Luwu Utara — Pernyataan menarik nan inspiratif dilontarkan oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Luwu Utara, Drs. Misbah, M.Si.

Dalam sambutannya pada pembukaan Pelatihan Pendidikan Olahraga bagi Anak Usia Dini dan Permainan Motorik Kasar Ciptaan Guru belum lama ini di Aula Hotel Bukit Indah, Masamba, ia menyebut guru TK sebagai kunci sukses keberhasilan Indonesia Emas 2045.

“Guru TK adalah peletak dasar suksesnya Indonesia Maju dan Indonesia Emas pada tahun 2045 mendatang,” sebut Misbah yang direspon dengan applaus ratusan guru TK yang memadati aula Hotel Bukit Indah, Masamba.

Untuk itu, ia meminta para guru TK, utamanya guru yang masih berstatus tenaga honorer untuk tidak berkecil hati, karena di pundak guru TK, karakter anak dibentuk agar tidak mengalami loss generation atau kehilangan generasi yang cerdas.

“Saya minta kita jangan berkecil hati kalau semuanya masih berstatus tenaga honorer, karena sukses tidaknya anak-anak kita ke depan ada di tangan kita semua, para guru TK,” ucapnya.

“Suksesnya SD dan SMP, ada di guru TK. Bahagia tidaknya anak-anak belajar di SD dan SMP, ada di guru TK. Jadi, semuanya ada di guru TK,” sambungnya membakar semangat para guru TK.

Hal yang tak kalah pentingnya, kata mantan Kadis PMD ini, adalah bagaimana guru TK mampu berinteraksi dengan anak didik dengan bahasa yang baik dan mudah dicerna, sehingga anak-anak ini mampu berkomunikasi dengan baik di masa-masa mendatang.

“Kemampuan berbahasa anak-anak itu 70 – 80% didapatkan di TK. Kalau baik bahasanya, maka akan baik seterusnya. Sebalikya, jika buruk cara berbahasanya, maka buruk seterusnya. Olehnya itu, bahagiakan anak-anak kita dengan bahasa-bahasa yang baik,” pungkasnya. (LHr)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

LAINNYA
x