x

Kentang Rongkong Tiba di IKN Nusantara, Warga Kaltim: Tidak Kalah Sama Kentang Surabaya

waktu baca 2 menit
Selasa, 26 Sep 2023 17:23 0 81 Samsul Rijal

Kalimantan Timur -Suarakeadilan news.id- Selang dua hari pascapanen kentang di Kecamatan Rongkong Kabupaten Luwu Utara, Sulawesi Selatan, oleh Bupati Indah Putri Indriani, kentang Rongkong kini telah tiba di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim), Selasa (26/9/2023).

Puluhan ton kentang dari Rongkong ini diangkut melalui KM Bukit Siguntang, dan langsung dibawa ke Pasar Pandan Sari, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

Sesampainya di pasar itu, kentang yang sudah dikemas rapi dalam karung ini langsung diserbu warga setempat. Beberapa pedagang langsung menyerbu kentang Rongkong yang masih terlihat segar. “Wah, alhamdulillah, kentangnya sudah tiba dan masih segar,” sebut salah seorang pedagang.

“Kentang Rongkong ini tidak kalah sama kentang Surabaya dan Malang,” sebut pedagang lain menimpali pernyataan rekannya sesama pedagang di pasar Pandan Sari tersebut.

Terpisah, Kepala Bidang Hortikultura Dinas Pertanian Kabupaten Luwu Utara, Djalaluddin Dalami, mengatakan bahwa tepat Selasa 26 September 2023, puluhan ton kentang Rongkong telah tiba di IKN. “Alhamdulillah, kentang Rongkong sudah tiba di IKN,” ungkap Djalaluddin.

Djalaluddin mengatakan bahwa kentang ini adalah hasil panen yang dilakukan oleh Bupati Luwu Utara pada Minggu 24 September 2023 kemarin. “Kentang yang kita kirim ke IKN ini adalah hasil panen kemarin yang dilakukan ibu Bupati,” ungkapnya.

Diketahui bahwa pada panen ubinan kemarin yang dilakukan Bupati di Rongkong didapatkan hasil panen 24 ton per hektar. Hasil panen ini cukup tinggi, mengingat produktivitas potensial tanaman kentang itu di atas kisaran 20 ton per hektar. (LHr)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

LAINNYA
x