x

KPU Kota Padang Adakan Pendidikan Pemilu Pemilih Pemula di MAN 1 Kota Padang

waktu baca 2 menit
Senin, 21 Agu 2023 09:49 0 52 sabrussalam

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang diwakili oleh Divisi Hukum dan Pengawasan, Amid Muttaqin menjadi pembina pada kegiatan upacara bendera yang diadakan oleh MAN 1 Kota Padang, Senin (21/8) di lapangan MAN 1 Kota Padang.

Hal ini dilakukan untuk menyambut sosialisasi program Pendidikan Pemilu Kepada Pemilih Pemula dari KPU kota Padang dengan mengujungi beberapa sekolah dan madrasah.

Dalam amanatnya Amid (panggilan akrabnya) mengatakan bahwa siswa sekolah atau madrasah adalah siswa yang berumur antara 16 sampai 19 tahun. Maka pada pemilu tahun 2024 yang akan datang mereka adalah pemilih pemula atau pertama kali mengikuti pemilu.

“Siswa sekolah atau madrasah yang sudah berumur 17 tahun adalah siswa yang pertama kali mengikuti pemilu maka KPU kota Padang perlu mengadakan sosialiasai ke sekolah dan madrasah, dan diantaranya adalah MAN 1 Kota Padang ini,” jelasnya.

Amid juga mengatakan bahwa penyaluran suara adalah hak konstitusi dan tanggungbjawab setiap warga Negara Indonesia yang sudah memiliki hak pilih untuk memilih pemimpin eksekutif dan legislatif sebagai  pelaksana pengontrol pemeritahan.

“Siswa yang sudah punya hak pilih mempunyai hak konstitusi dan tanggungbjawab untuk memilih pemimpin eksekutif dan legislatif sebagai  pelaksana dan pengontrol pemenritahan. Maka agar negara kita maju maka pilihlah calon yang dianggap mampu sebagai pemimpin,” jelasnya.

Dalam amanatnya dia juga mengatakan bahwa pemilu pada 14 Februari 2024 akan datang akan diikuti oleh 18 partai politik. Maka pelajar yang belum memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) bisa menggunakan Kartu Keluarga (KK) sebagai alat untuk datang ke TPS.

Di akhir amanatnya dia menyarankan agar calon pemilih melihat di DPT online untuk melihat apakah namanya tercantum di DPT dan melihat lokasi pemilihan. Jadilah pemilih cerdas yang bisa melihat orang yang dipilih melalui media yang bisa dipertanggungjawabkan.

“Siapapun yang terpilih adalah pemimpin kita dan siapapun yang menang adalah rakyat Indonesia,” katanya.

Ikut dalam upacara ini, kepala madrasah, wakil kepala madrasah, pendidik dan tenaga kependidikan serta siswa MAN 1 Kota Padang.(Ai)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

LAINNYA
x