x

Peringatan Hari Pahlawan 10 November 2023 Di Laksanakan Dilapangan Kantor Bupati Kabupaten Toba, 

waktu baca 2 menit
Jumat, 10 Nov 2023 12:10 0 41 Redaktur

Toba, SuarakeadilanNews.id – Diawali Dengan upacara ziarah dan tabur bunga di Makamnya Pahlawan Nasional (MPN) Sisingamangaraja XII Soposurung, Desa Silalahi Pagar Batu, Kecamatan Balige, Kabupaten Toba, Sumut, Jumat pagi (10/11/2023), sekira pukul 08.00 WIB.

Bertindak sebagai inspektur upacara (irup) adalah Kapolres Toba AKBP Taufiq Hidayat Thayeb SH SIK dan Komandan Upacara Ipda Jepri Silaban.

Upacara ziarah dan tabur bunga itu merupakan bentuk penghormatan atas jasa Raja Sisingamangaraja XII, sebagai pahlawan asal Tanah Batak yang gugur demi mengusir penjajah Belanda, khususnya di Tanah Batak.

Tampak terlihat pelaksanaan rangkaian upacara ziarah dan tabur bunga berjalan baik dan penuh hikmat. Di mana sebelumnya, seluruh peserta upacara juga memberikan penghormatan dan hening cipta di hadapan Makam Pahlawan Sisingamangaraja XII. Selanjutnya ditutup dengan doa oleh Kandepag Toba Wanton Naibaho.

 

Usai melaksanakan ziarah dan tabur bunga selanjutnya seluruh peserta upacara bergerak menuju halaman Kantor Bupati Toba. Untuk selanjutnya melaksanakan Upacara Peringatan Hari Pahlawan.

 

Hadir dalam upacara ziarah dan tabur bunga, Wakil Bupati Toba Tonny M Simanjuntak SE, Sekda Augus Sitorus. Ketua Pengadilan Negeri Balige Evelyn Napitupulu, Kasi Intel Kejari Balige Oloan Sinaga SH. Pabung Kodim 0210/TU Mayor Inf Kaminton Napitupulu, Komisioner KPU Toba Erikson Sitorus. Kepala Rutan Kelas IIB Balige David Petrus Nikolas. Ketua I TP PKK Erna Sihotang, Ketua DWP Toba Ny Augus Sitorus, Ketua PC Bhayangkari Toba Desy Taufiq Hidayat. Serta seluruh pimpinan OPD dan ASN Pemkab Toba dan Ormas gamki Toba.

Hadir juga keturunan Raja Sisingamangaraja XII, yakni Raja Oloan Habonaran Sinambela selaku cucu kandung Raja Sisingamangaraja XII, yang sudah berusia 77 tahun

Dan dilanjut kan upacara penaikan bendara Toni simanjuntak ( wakil bupati)selaku pemimpin upacara

Kita sebagai generasi penerus wajib mengisi kemerdekaan ini dengan memberikan pengabdian yang terbaik bagi bangsa dan negara, ucap Kapolres

“Selain itu tujuan dilakukannya ziarah ini untuk menumbuhkan nilai dan semangat kepahlawanan bagi kita semua untuk meneruskan Perjuangan dalam membangun Bangsa Indonesia” tutur Kapolres

 

(Agus simanjuntak Toba)

Redaktur

اللهم صلي على محمد وعلى اله محمد

[Man Arofa Nafsahu Faqad Arofa Robbahu]
"Barangsiapa mengenal dirinya, maka ia mengenal Tuhannya.”

"TIDAK HARUS SEDARAH UNTUK MENJADI SAUDARA SELAGI TAU MENGHARGAI & MEMANUSIAKAN MANUSIA ITULAH YANG DIANGGAP SAUDARA"

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

LAINNYA
x