x

Satgas Mobile Raider 300 Siliwangi Ramaikan Acara Bakar Batu Bersama Masyarakat Kabupaten Puncak Papua

waktu baca 2 menit
Rabu, 13 Sep 2023 13:35 0 74 Redaktur

Puncak Papua, SuarakeadilanNews.id – Satgas Mobile Raider 300 Siliwangi memberikan kontribusi positif dalam mempererat hubungan antara aparat keamanan dan masyarakat setempat. Hal ini terlihat dalam partisipasi mereka dalam acara tradisional bakar batu bersama masyarakat Mayuberi, Distrik Ilaga Utara Kabupaten Puncak, Papua yang berlangsung meriah pada hari ini. Rabu (13-09-202)

 

Hal tersebut disampaikan oleh Dansatgas Mobile Raider 300/Brajawijaya Kodam III/Siliwangi, Letnan Kolonel Infanteri Afri Swandi Ritonga S.I.P dalam rilis tertulisnya di Ilaga, Kab Puncak, Papua.

Dalam upaya untuk mendekatkan diri dengan komunitas lokal dan mempererat rasa persaudaraan, anggota Satgas Mobile Raider 300 Siliwangi dpp Letda Inf Yusuf beserta 10 orang lainnya turut serta dalam tradisi bakar batu, sebuah ritual adat khas Papua yang dinamai Bakar Batu. Mereka bekerja sama dengan masyarakat setempat untuk mempersiapkan dan menyajikan hidangan tradisional ini.

 

Letkol Inf Afri Swandi Ritonga S.I.P , komandan Satgas Mobile Raider 300 Siliwangi, mengungkapkan pentingnya keterlibatan mereka dalam acara tersebut. Ia menyatakan, “Kami ingin memperkuat hubungan positif antara TNI AD dan masyarakat di daerah konflik. Melalui partisipasi kami dalam tradisi lokal seperti bakar batu, kami berharap dapat membangun kepercayaan dan solidaritas dengan masyarakat setempat.”

Acara bakar batu ini juga menjadi kesempatan bagi anggota Satgas Mobile Raider 300 Siliwangi untuk berinteraksi lebih dekat dengan warga Mayuberi. Mereka berbaur dengan penduduk setempat, mendengarkan cerita-cerita kehidupan sehari-hari, dan mendiskusikan berbagai isu yang terdapat di daerah tersebut.

 

Masyarakat Mayuberi sangat mengapresiasi kehadiran Satgas Mobile Raider 300 Siliwangi dalam acara adat mereka. Kepala Suku Mayuberi, Yohanes Murib, menyatakan, “Kehadiran mereka di sini sangat berarti bagi kami. Ini adalah langkah positif dalam membangun harmoni dan kerja sama serta meningkatkan rasa aman antara masyarakat dan aparat keamanan.”

Dengan berpartisipasi dalam acara bakar batu ini, Satgas Mobile Raider 300 Siliwangi telah menunjukkan komitmen mereka untuk berkontribusi dalam membangun hubungan yang kuat dan positif antara aparat keamanan dan masyarakat lokal, serta mendukung perdamaian dan stabilitas di Kabupaten Puncak Papua. Acara ini menjadi contoh bagaimana kolaborasi antara militer dan masyarakat dapat menghasilkan dampak positif dalam upaya membangun keamanan dan persatuan di daerah yang perlu perhatian khusus. Acara bakar batu ini juga merupakan bukti kepercayaan Masyarakat Papua terhadap TNI-AD dimanapun bertugas. (Yonif Raider 300/Bjw)

Redaktur

اللهم صلي على محمد وعلى اله محمد

[Man Arofa Nafsahu Faqad Arofa Robbahu]
"Barangsiapa mengenal dirinya, maka ia mengenal Tuhannya.”

"TIDAK HARUS SEDARAH UNTUK MENJADI SAUDARA SELAGI TAU MENGHARGAI & MEMANUSIAKAN MANUSIA ITULAH YANG DIANGGAP SAUDARA"

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

LAINNYA
x