x

Sekda Hendra Putra Sambut Kepulangan 313 Jemaah Haji Asal Pasaman barat Di BIM 

waktu baca 3 menit
Rabu, 19 Jul 2023 11:13 0 53 Redaktur

Pasaman Barat, SuarakeadilanNews.id — Sekretaris Daerah (Sekda) Pasaman Barat (Pasbar) Hendra tPutra menyambut kepulangan 313 orang jemaah haji tahun 2023 yang tergabung pada kelompok terbang (Kloter) III asal Kabupaten Pasaman Barat, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) di Bandara Internasional Minangkabau (BIM) pada Rabu (19/07/2023) pagi.

Sebelumnya jemaah haji asal Pasaman Barat (Sumbar) berjumlah 317 orang jemaah, 3 orang jemaah diantaranya meninggal dunia dalam pelaksanaan ibadah haji dan 1 orang jemaah batal pulang karena sakit.

Dalam Kloter III tersebut selain jemaah haji dari Kabupaten Pasaman Barat, juga tergabung rombongan jemaah haji lainnya yang berasal dari Kabupaten Mentawai, Kota Padang dan Kabupaten Solok (Sumbar) dengan total jemaah sebanyak 392 orang dari 4 kabupaten/ kota tersebut.

Setelah penyambutan jemaah haji di BIM juga dilakukan penyerahan rombongan jamaah haji Kloter III secara resmi dari PPIH Debarkasi Padang kepada Pemda Pasbar yang diterima oleh Sekda Hendra Putra di Asrama Haji Padang Pariaman.

Wakil Gubernur Sumbar yang diwakili Biro Kessos Sekretariat Daerah Provinsi Sumatera Barat Al Amin membuka sekaligus mengucapkan selamat datang kepada jemaah haji Kloter III.

“Semoga dengan kembalinya ke tanah air dapat mengaplikasikan ilmu yang diperoleh selama melaksanakan haji dan menjadi haji yang mabrur,” ucapnya.

Ia juga menjelaskan 3 aspek kemabruran haji, pertama yakni aspek kepribadian, ialah menjaga lisan dari berkata kotor dan tidak meyakiti orang lain. Kedua Aspek ubudiyah adalah meningkatkan kualitas ibadah dengan melaksanakan shalat fardhu, menunaikan puasa sunnah dan amalan lainnya. Ketiga aspek sosial, yaitu membangun komunikasi yang baik dengan tetangga dan meminta maaf kepada orang yang pernah disakiti.

“Sudah lebih kurang 42 hari meninggalkan tanah air dan tepat hari ini kembali ke tanah air. Selamat datang kembali di tanah air dan selamat berkumpul dengan keluarga. Dan terima kasih kepada semua pihak yang telah berpartisipasi dari keberangkatan hingga kepulangan jemaah haji,” ucap Al Amin.

Sementara itu, Sekda Hendra Putra mengucapkan selamat datang kepada para Jemaah Haji Kabupaten Pasaman Barat.

“Selamat datang jemaah kami. Kami sangat bahagia melihat bapak dan ibu kembali berkumpul dengan keluarga dalam keadaan sehat wal’afiat,” ucap Sekda Hendra Putra.

Ia berpesan kepada jemaah agar dapat menjaga kesehatan hingga sampai di wilayah masing-masing dan bisa menjadi teladan bagi masyarakat, serta dapat memberikan kontribusi dalam membangun daerah sehingga terwujud masyarakat yang sejahtera dan religius. Dan semoga apa yang telah dido’akan dalam pelaksanaan ibadah haji lalu dapat terkabulkan.

Selain itu Kabag Tata Usaha Kanwil Kemenag Sumbar, Miswan dalam laporan panitia PPIH Debarkasi Padang menyampaikan bahwa jumlah Jemaah Haji Embarkasi tahun 2023 sebanyak 392 orang dengan rincian dari Pasbar berjumlah 313 orang, Kabupaten Mentawai berjumlah 42 orang, Kota Padang 27 orang, Kabupaten Solok 5 orang dengan petugas 5 orang.

“Meninggal dari Pasbar 3 orang 1 sakit, jumlahnya menjadi 313 orang,” jelas Al Amin.

Turut hadir, Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Sumbar Helmi, M. Ag, Kabag Porkopim Winardi, Kabid IKP Kominfo Yudhinal Reviola serta stakeholder terkait lainnya.

Penulis : Doni

Editor   : Cen/ Redaksi

Redaktur

اللهم صلي على محمد وعلى اله محمد

[Man Arofa Nafsahu Faqad Arofa Robbahu]
"Barangsiapa mengenal dirinya, maka ia mengenal Tuhannya.”

"TIDAK HARUS SEDARAH UNTUK MENJADI SAUDARA SELAGI TAU MENGHARGAI & MEMANUSIAKAN MANUSIA ITULAH YANG DIANGGAP SAUDARA"

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

LAINNYA
x