x

Terima Tim Fact Finding Pemuda Pelopor, IDP; Saya Harap Lahir Ryan-Ryan Baru di Luwu Utara

waktu baca 4 menit
Selasa, 5 Sep 2023 11:24 0 85 Samsul Rijal

Luwu Utara- Suarakeadilannews.id – Bupati Kabupaten Luwu Utara, Indah Putri Indriani (IDP), menerima kedatangan Tim Fact Finding Pemuda Pelopor dari Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), Selasa (5/9/2023), di Ruang Kerja Bupati.

Di hadapan Tim Fact Finding Pemuda Pelopor Kemenpora, IDP berharap lahir pemuda-pemuda pelopor yang dapat menginspirasi masyarakat untuk senantiasa berbuat yang terbaik demi kepentingan daerah dan masyarakat.

“Kita tahu untuk Luwu Utara tahun ini, pemuda pelopornya mewakili sektor linkungan hidup. Nah, PR terbesar hari ini adalah bahwa dengan adanya perubahan iklim, itu berarti tantangan linkungan hidup kita makin tinggi,” jelas IDP.

Untuk itu, ia berharap pemuda Luwu Utara dapat mengambil peran dalam berbagai sektor, tak hanya sektor lingkungan hidup saja. “Makin banyak anak muda seperti Ryan yang bergerak di sektor lingkungan hidup yang mampu mengedukasi masyarakat kita untuk menjaga lingkungan, tentu makin bagus buat kita,” terangnya.

“Saya berharap akan lahir Ryan-Ryan lainnya sebagai Pemuda Pelopor di Kabupaten Luwu Utara,” harap dia. Bupati Luwu Utara dua periode ini menambahkan, pemuda bukan bagian dari masalah, melainkan pemuda adalah bagian dari solusi.

“Kita ketahui bahwa anak-anak muda biasanya lebih terbuka. Motivasi belajarnya lebih tinggi, motivasi berbaginya juga sangat besar. Olehnya itu, kita harap ini menjadi modal untuk mau membuka diri, mau belajar, dan mau mereplikasikan apa yang sudah didapatkan,” jelas dia.

Indah juga mengajak pemuda-pemuda lainnya untuk dapat mengikuti jejak Ryan Adam sebagai pemuda pelopor yang dapat menginspirasi masyarakat untuk berbuat baik. “Ini mejadi hal baik, dan kita harapkan dapat memotivasi pemuda-pemuda lainnya untuk juga mengambil bagian menjadi pelopor di tengah-tengah masyarakat,” imbuhnya.

Pada kesempatan itu, ia tak lupa menyampaikan apresiasi kepada Kemenpora yang menjadikan pemuda Luwu Utara sebagai pemuda pelopor melalui proses yang selektif dan kompetitif. “Kami mengapresiasi dan berbangga karena pada 2023 ini salah satu pemuda Luwu Utara terpilih mewakili Sulsel untuk di-assesment terkait kegiatan Pemuda Pelopor,” tandasnya.

Sementara Ketua Tim Fact Finding Kepeloporan Pemuda Kemenpora, Nia Suryana, mengatakan bahwa kedatangan dia bersama timnya adalah dalam rangka melakukan verifikasi terhadap kegiatan kepeloporan pemuda yang telah dilaksanakan Ryan Adam.

“Tujuan kami ke sini adalah untuk memverifikasi atau menemukan fakta sebenarnya dari apa yang telah dilakukan adinda Ryan Adam,” jelas Nia. Dikatakannya, fact finding adalah salah satu tahapan menuju Grand Final Pemilihan Pemuda Pelopor di Jakarta.

“Ini satu tahapan sebelum grand final di Jakarta. Jadi, untuk mendapatkan penghargaan sebagai pemuda pelopor, maka tentu ada proses seleksi dan kompetisi. Sehingga saat pleno nanti, saya bisa memberikan informasi yang jelas dan objektif,” terangnya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar), Jumail Mappile, mengaku bangga terhadap apa yang telah dilakukan Ryan Adam sebagai Pemuda Pelopor asal Lutra yang mewakili Sulsel di babak grand final.

“Ini satu kebanggaan juga bagi kami, bahwa apa yang dilakukan adinda Ryan Adam bersama teman-temannya dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat sekitar, sehingga spektrumnya juga bisa lebih luas lagi dirasakan,” kata Jumail.
Ia juga bangga atas kegiatan kepeloporan pemuda yang dilakukan Ryan yang mampu menginspirasi semua pihak, termasuk pemerintah, sehingga baik pemerintah dan masyarakat ikut terlibat aktif dalam setiap kegiatan yang dilakukan Ryan Adam.

“Saya salut karena ia bisa mengajak pemerintah dan masyarakat lainnya untuk bersama-sama terlibat dalam kegiatan dia. Jadi, bukan pemerintah yang mendorong dia, tetapi dialah yang berhasil menarik pemerintah untuk ikut terlibat dalam kegiatan dia,” ungkapnya.

“Dia yang menarik kita untuk terlibat dalam kegiatan yang dia lakukan, sehingga berjalan secara terus-menerus. Saya kira ini sesuatu yang positif. Kita merasakan satu momen bahwa ada anak muda yang menjadi motor penggeraknya,” pungkasnya.

Diketahui Ryan Adam adalah Pemuda Pelopor asal Luwu Utara yang mewakili Provinsi Sulsel bersama tiga pemuda pelopor lainnya di Sulsel. Ryan berhasil menjadi Pemuda Pelopor Terbaik Pertama di Sulsel. Ryang bergerak di Bidang Pengelolaan sumber daya alam, lingkungan dan pariwisata. (LHr)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

LAINNYA
x