x

Upaya Mewujudkan Pasbar Sehat, Dinkes Laksanakan FGD Bersama Stekholder

waktu baca 2 menit
Minggu, 3 Sep 2023 10:14 0 39 Doni Setiawan

Pasaman barat (pasbar) Media Suara keadilan news 02/09/2023 Sabtu..

 

Pemerintah Daerah melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) selalu berupaya mewujudkan masyarakat Pasbar sehat. Hal itu tentu tidak mudah, butuh kerja keras dan kerja sama dengan berbagai stekholder.

 

Salah satu upaya yang dilakukan Dinkes yakni melaksanakan Focus Group Discussion (FGD) bersama unsur-unsur UPT Puskesmas Pasbar, unsur camat, wali nagari, unsur Dinas Pendidikan dan Kemenag, selama dua hari mulai tanggal 1 hingga 2 September 2023 di Hotel Basko Padang.

 

FGD menghadirkan beberapa orang narasumber, diantaranya Kadis Kesehatan Provinsi Sumbar, dr Lila Yanwar, Kadis Kesehatan Pasbar, Hajran Huda dan Sekretaris Dinkes Pasbar, Jhon Hardi. Dengan FGD tersebut diharapkan ada kesepahaman dan kesepakatan bersama tentang upaya terwujudnya Pasbar sehat.

 

Kadis Kesehatan Provinsi Sumbar, dr Lila Yanwar dalam paparannya menyatakan perlunya pendataan maksimal dan valid oleh petugas kesehatan terhadap masyarakat yang terdampak penyakit menular dan kejadian luar biasa.

 

“Kita data secara maksimal, kita beri pertolongan dan kita laporkan kembali hasilnya dan tindaklanjuti yang telah dilakukan,” ungkapnya.

 

Selanjutnya Kadis Kesehatan Pasbar, Hajran Huda juga menyampaikan tentang pentingnya upaya pencegahan terhadap penyakit berbahaya, agar masyarakat kuat atau kebal terhadap beberapa penyakit yang mungkin terjangkit. Diantara upaya yang dilakukan pemerintah melalui Dinkes yakni dengan melaksanakan imunisasi terhadap masyarakat.

 

“Pada pelaksanaan imunisasi sering ditemukan kendala, bahwa masih banyak masyarakat yang belum faham terhadap manfaat imunisasi yang dilakukan pemerintah, sehingga terkadang mereka menolak imunisasi atau vaksinasi,” kata Hajran Huda.

 

Untuk itu, Kadis Dinkes Hajran Huda mengajak Disdik bersama para guru, Kemenag bersama warga madrasah, camat dan wali nagari agar bersama menyampaikan informasi tentang pentingnya imunisasi dan manfaatnya.

 

“Dengan hal ini diharapkan capaian persen (%) imunisasi dan kualitas kesehatan masyarakat Pasbar meningkat,” harapnya.

 

(ASN)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

LAINNYA
x