x

APEL GELAR PASUKAN DALAM RANGKA OPERASI ZEBRA MANSINAM 2023

waktu baca 4 menit
Senin, 4 Sep 2023 06:16 0 34 holong nainggolan

SUARAKEADILANNEWS.ID RAJA AMPAT-Waisai

Bertempat dilapangan Mapolres Raja Ampat telah dilaksanakan Apel Gelar Pasukan dalam rangka Operasi Zebra Mansinam Tahun 2023 Polres Raja Ampat, Senin, ( 04/09/2023 ).

Apel gelar pasukan dipimpin langsung oleh Kapolres AKBP EDWIN PARSAORAN,S.I.K, M.I.K. Komandan Apel IPTU OFEL AGUSTINUS FARSI TUNAY, Perwira Apel AKP MUHADI,SH, Perwira Keamanan IPDA SAHDUN, Pembawa acara BRIPDA SEHA FARANISA, Pembawa Baki BRIPTU GRASELA NORALITA MANIANI, Pembawa Doa BRIPKA MUHAMMAD MUNTSIR, Perwakilan secara simbolis penyamatan tanda pita LASTAS, TNI dan DISHUB.

 

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Bupati Kabupaten Raja Ampat yang diwakili oleh KASAT POL PP APOLOS BEDES,S.Ip,M.Si, Waka Polres Raja Ampat KOMPOL AHMAD RUMALEAN,SH,MH, DANDIM 1805 Raja Ampat, DANPOS TNI AL, DANKI BRIMOB, dan para pejabat utama Polres Raja Ampat.

Kata sambutan KAPOLDA PAPUA BARAT  Drs. DANIEL TAHI MONANG SILITONGA,SH, yang dibacakan Kapolres Raja Ampat selaku pemimpin upacara.  Dalam sambutannya Bahwa apel gelar pasukan ini dilaksanakan untuk mengetahui sejauh mana kesiapan personil maupun sarana pendukung lainnya, sehingga kegiatan operasi berjalan dengan optimal dan dapat berhasil sesuai dengan tujuan serta sasaran yang telah ditetepkan.

 

perlu kita ketahui bersama bahwa operasi zebra mansinam 2023 dalam rangka cipta kondisi KAMSELTIBCARLANTAS menjelang pesta demokrasi tahun 2024, bertujuan untuk menurunkan angka pelanggaran kecelakaan lalu lintas dan anggka fatalitas korban laka lantas serta untuk meningkatkan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas selaras dengan tema oprasi zebra mansinam 2023.

 

Oprasi zebra mansinam 2023 pada tahun ini akan dilaksanakan selama 14 hari, dimulai pada tanggal 04 september sampai dengan 17 september 2023. Dengan sasaran operasi meliputi segala bentuk potensi gangguan ambang gangguan dan gangguan nyata yang berpotensi menyebabkan kemacetan dan laka lantas baik sebelum pada saat, maupun paska operasi zebra mansinam 2023.

 

Adapun target operasi zebra mansinam terdiri dari 7 prioritas operasi yang meliputi:

Pengemudi atau pengendara motor yang menggunakan ponsel Handphone (HP) saat berkendara,

Pengendara dibawah umur,

Berboncengan lebih dari satu orang,

Tidak menggunakan helm SNI dan SAFETY BELT,

Berkendara dalam pengaruh alkohol,

Pengendara yang melawan arus

Dan pengendara yang melebihi batas kecepatan.

 

perlu kita pahami bersama bahwa dalam pelaksanaan operasi zebra mansinam 2023 ini mengedepankan kegiatan pretif, preventif, edukatif serta presuasif dan humanis. Didukung pola eletronik atau teguran simpatik dalam rangka mendekatkan simpati masyarakat saat berlalu lintas dijalan, dengan cara bertindak sebagai berikut:

melaksanakan deteksi diri dan pemetaan lokasi tempat rawan macet pelanggaran dan laka lantas,

melaksanakan pembinaan dan penyuluhan kepada masyarakat tentang Kamseltiblantas melalui kegiatan sosialisasi penyuluhan melalui pemasangan spanduk banner dan baliho penyebaran stiker media cetak eletronik maupun medsos,

melaksanakan edukasi dan membangun kesadaran masyarakat untuk tertip berlalu lintas,

melaksanakan penegakan hukum secara elektronik statis serta teguran humanis terhadap masyarakat yang melakukan pelanggaran berlalu lintas,

melakukan counteropini terhadap berita-berita hoax di medsos online maupun mainstream terkait operasi zebra mansinam 2023.

 

mengakhiri kata sambutan Kapolda menyampaikan tekanan dan arahan untuk pedoman dan pelasanaan tugas yaitu:

Selalu bertaqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan awali dengan Bedoa sebelum melaksanakan tugas,

Jalin kerja sama yang aktif antar institusi negara karna tujuan kita adalah sama untuk melayani masyarakat,

Jaga keselamatan kesatuan baik keselamatan pribadi dan kehormatan institusi dalam pelaksanaan tugas,

Wujudkan pelayanan aparat negara yang humanis hindari sikap arogan dan bersih dari KKN,

Jaga moralitas dalam bertindak sehingga kepercayaan masyarakat terhadap Polri semakin meningkat.

kepada awak media Kapolres AKBP Edwin Parsaoran menuturkan gelar pasukan operasi mansinam 2023 ini, memberiakan himbauan kepada masyarakat untuk mematuhi segala peraturan berlalu lintas, tertip dan juga menjaga keselamatan berkendaraan. terangnya

“Ada 46 personil yang kita libatkankemudian kita berharap dengan adanya operasi ini kita bisa menurunkan pelanggaran berlalu lintas otomatis juga akan menurunkan kecelakaan berlalu lintas, dimana bertujuan untuk mensukseskan atau menggelar anggota untuk kesiapan menuju pemilu 2023/2024 yang rangkaiannya sudah dimulai akhir tahun ini kapolres juga menghimbau kepada masyarakat untuk mematuhi segala peraturan berlalu lintas, tertip dan juga menjaga keselamatan berkendaraan”. tutupnya (H.Ngl)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

LAINNYA
x