x

DALAM RANGKA HUT LBH CCI PESERTA DIKLAT PARALEGAL DAPAT DISCOUT BESAR, PENDAFTARAN DITUTUP TANGGAL 29 JUNI 2024

waktu baca 2 menit
Selasa, 11 Jun 2024 13:40 0 56 adminkeadilan

Suara keadilan news.id

Sorong, Program rutin tiap bulan LBH CCI melaksanakan Diklat Paralegal bagi masyarakat pencinta keadilan, tanggal 1 Juli 2024 memasuki Diklat Paralegal Angkatan VII, saat ini telah dibuka pendaftarannya dan ditutup tanggal 29 Juni 2024. Demikian keterangan Direktur LBH CCI Rusdi,SH.,CFLE saat memberikan keterangan Pers, Minggu (10/6/2024).

Yang sangat menariknya adalah Peserta Diklatnya mendapat Discout spesial, karena kegiatan ini dibuat dalam rangka HUT LBH CCI perdana. Dimana biaya Diklatnya hanya 750 ribu per peserta, yang selama ini biaya Diklatnya Rp 1.250.000. Ini kesempatan yang menarik bagi calon Paralegal. Ujar salah seorang calon peserta Diklat Tarmizi dari Riau.

Tema Diklat Paralegal Angkatan VII : Peran Strategis Paralegal Menyelesaikan Perkara di Luar Pengadilan (Restoratif Justice) dimunculkan mengingat fungsi utama Paralegal dalam memberikan Bantuan Hukum pada masyarakat tidak bisa beracara di pengadilan. Sehingga paraleggal harus mampu melakukan upaya konsultasi, negosiasi, mediasi, melakukan pemberdayaan, dan menyelesaikan Perkara di luar pengadilan (Restoratif Justice).

Hal di atas didasarkan pada aturan Tindak Pidana Ringan (Tipiring) pasal 310 KUHP, Pasal 205 KUHP, Peraturan MA 2 tahun 2012, Nota Kesepahaman Bersama Ketua MA, Menkumham, Jaksa Agung, & Kapolri tanggal 17 Oktober 2012, dan Peraturan Kapolri Nomor 8 tahun 2021 tentang Tindak Pidana berdasarkan Keadilan Restoratif.

Penerapan Restoratif Justice juga bisa diterapkan pada kasus : Tindak Pidana Anak, Tindak Pidana Perempuan Berhadapan Hukum, Tindak Pidana Narkotika, Tindak Pidana ITE, dan Tindak Pidana Lalu lintas. Ungkap Dr H Misri salah satu Pemateri yang akan tampil nantinya.

Syamsuddin,ST.,CFLE ketua panitia Diklat Paralegal Angkatan VII menjelaskan Narasumber yang akan mengisi Diklat : Prof Owin Jamasy Jamaluddin,M.Hum.,MM.,PhD dari Kemendagri RI, Dr H Misri Hasanto,M.Kes.,CFLE Konsultan Hukum Kesehatan ANB, AKP(P) Dr (C) Dalan E.Bangun,SH.,MH mantan Perwira Polri & Akademisi, Jufri,SH,CLA dan Mursida,S.Sos.,SH.,MM dari Praktisi LBH CCI.

Bagi masyarakat yang membutuhkan informasi Diklat Paralegal LBH CCI selama tahun 2024, silahkan menghubungi Dr H Misri WA 081270508423. Ujar Syamsuddin,ST.,CFLE saat ditemui media.

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

LAINNYA
x