x

Diduga Proyek Pembangunan Jalan Paving  Desa Medalem Asal Jadi, dan Tidak Terpasang Papan Informasi Publik

waktu baca 2 menit
Rabu, 8 Nov 2023 11:35 0 131 Abdullah Temba

Suarakeadilannews.id , Blora, 08 November 2023 – Proyek pembangunan jalan lingkungan di Desa Medalem, Kecamatan Kradenan, Kabupaten Blora, diduga asal jadi dan tidak dipasang papan informasi publik (PIP).

Hal ini diketahui setelah tim investigasi media melakukan penelusuran di lapangan, Rabu (08/11/2023). Salah satu warga setempat yang tidak ingin disebutkan namanya mengungkapkan, kualitas pengerjaan jalan tersebut sangat diragukan.

“Saya melihat dari pelaksanaan pembangunan jalan paving ini kualitasnya sangat diragukan. Mulai dari paping nya kayak ada yang paving bekas kayak tidak baru dan pengisian pasir di sela-sela paving sangat tipis dan tidak merata pasir nya yang bagian timur jadi paving pada mencuat  membahayakan penguna jalan dan perataan pinggiran berrem nya sebagian pedelnya juga tidak ada,” kata warga tersebut.

Selain itu, proyek tersebut juga sudah dikerjakan 100%, tetapi tidak dipasang PIP sebagaimana mestinya. PIP merupakan hal wajib yang harus dipenuhi oleh rekanan atau kontraktor pelaksana pekerjaan agar dapat dilihat oleh publik terkait sumber anggaran, jumlah pagu anggaran, volume pekerjaan, dan berapa lama kontrak kerjanya.

Amanat undang-undang yang tertuang dalam Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 dan Peraturan Pemerintah Nomor 71 Tahun 2000, telah dengan jelas tertuang dalam pasal-pasalnya yang mewajibkan segala bentuk implementasi uang negara harus terbuka kepada publik atau masyarakat.

Sementara itu, Kepala Desa Medalem, Anik Juarti, saat dikonfirmasi terkait temuan tersebut melalui pesan WhatsApp,”Belum ada jawaban.”

Harapannya, aparat penegak hukum (APH) yang membidangi segera menindaklanjuti terkait temuan tersebut.

( Reporter kaperwil )

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

LAINNYA
x