x

Gubernur AAL HAdiri Upacara HUT ke – 78 TNI Tahun 2023 di Silang Selatan Monas

waktu baca 2 menit
Kamis, 5 Okt 2023 20:07 0 126 Pimprus

Suarakeadilannews.id

AAL (5/10).

Gubernur Akademi TNI Angkatan Laut (AAL) Mayjen TNI (Mar) Endi Supardi didampingi Ketua Cabang Berdiri Sendiri (CBS) Jalasenastri AAL Ny. Nana Endi Supardi menghadiri upacara dalam rangka memperingati HUT ke – 78 TNI Tahun 2023 di kawasan Silang Monas, Jakarta, Kamis (5/10).

Presiden RI Ir. H. Joko Widodo selaku Inspektur upacara dalam amanatnya meminta Tentara Nasional Indonesia atau TNI untuk menjaga kondisi damai di tahun politik. Kepala Negara juga meminta TNI dapat padamkan”percikan” sekecil apa pun di masyarakat serta tetap menjaga sinergi dengan Kepolisian Negara RI atau Polri.

Upacara HUT Ke-78 TNI dihadiri Panglima TNI Laksamana Yudo Margono, Menteri Pertahanan Prabowo Subiyanto, Presiden Ke-5 RI Megawati Soekarnoputri, dan Presiden Ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono. Hadir pula kepala staf ketiga matra TNI, yakni Kepala Staf TNI Angkatan Darat Jenderal TNI Dudung Abdurachman, Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana TNI Muhammad Ali, dan Kepala Staf TNI Angkatan Udara Kasau Marsekal TNI Fadjar Prasetyo.

Presiden juga mengucapkan terima kasih atas dedikasi, keberanian, profesionalisme, dan pengabdian seluruh anggota TNI yang menjadi benteng terdepan pertahanan negara, kekuatan pelindung rakyat, perisai penjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia, perisai penjaga Pancasila, dan perisai penjaga UUD 1945.

Untuk dapat menjaga kepercayaan tersebut, Presiden menyampaikan, TNI harus mampu merumuskan secara akurat, merumuskan strategi dan langkah-langkah konkret ke depan di tengah kondisi dunia yang berubah sangat cepat dan memanasnya geopolitik dunia.

Selain Presiden dan jajaran TNI beserta Kementerian Pertahanan, Upacara HUT Ke-78 TNI juga disaksikan masyarakat sekitar. Permainan drumband kolaborasi Taruna Akademi TNI dari 3 matra berhasil memukau undangan dan pengunjung yang hadir.

  1. Pada akhir acara tamu undangan dan masyarakat yang hadir disuguhi dengan atraksi memukau dari 78 peterjun dari TNI dan Polri satu per satu mempertunjukkan keahlian mereka mendarat di kawasan Monas. Mereka menggunakan parasut beragam warna. Ada pula yang membawa bendera perlahan mendarat. Atraksi tersebut agak menegangkan sekaligus menghibur.

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

LAINNYA
x