x

Orang Papua Pertama Mengenal Sabun Deterjen

waktu baca 2 menit
Jumat, 29 Sep 2023 01:40 1 223 adminkeadilan

Yulius mori, orang Papua yang pertama kali mempelajari dan mengenal deterjen di jaman kolonial Belanda di irian Barat. Sorong selatan suarakeadailan.29 sebtember 2023. pada zaman kolonial belanda di tanah Papua irian Barat pada waktu itu, oran Papua belum mengenal sabun, pada zaman itu yang biasa menggunakan deterjen hanyalah pihak kolonial Belanda .

 

banyak pendidikan yang di berikan oleh pihak kolonial Belanda pada waktu itu hanya di beberapa bidang.. kesehatan,pendidikan pertukangan dan teknik bangunan, namun di bidang pembuatan deterjen atau sabun , bapak Yulius mori ikut pendidikan pembuatan deterjen di wilayah maluku.tepatnya di Ambon seram wahai..melalui Mr Ayub castbend ,bapak Yulius mori di berangkatkan ke sana untuk khusus mempelajari pembuatan sabun..

 

bapak Yulius mori berasal dari orang inanwatan saat di jumpai oleh awak media ..beliau menyampaikan pada zaman itu kelompoknya berangkat ke Ambon diantaranya Yulius mori, Melkias namora,Hans rumberi dan airori yang berasal dari jayapura. bapak Yulius mori masih berumur 17 tahun..berangkat ke wilayah Ambon untuk mempelajari pembuatan sabun,menurutnya untuk anak anak Papua agar tidak ketinggalan zaman. bagaimana orang Papua bisa membuat deterjen sendiri..ungkapnya.. namun hingga sampai saat ini bapak Yulius mori sudah berumur senja 80 tahun.pemerintah belum pernah memperhatikan hal sekecil ini, masih banyak hal yang anak anak Papua harus pelajari dan tidak boleh diam ..

 

namun semua itu butuh dukungan pemerintah..namun sampai saat ini pemerintahan kita tidak pedulikan hal seperti ini, bapak Yulius berharap agar hal hal sekecil ini, harus di dukung agar mereka tidak banyak berharap namun mereka di buatkan lahan agar dapat mandiri..unkapnya

1 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

LAINNYA
x