x

PKBM KASIH RUMBAI KOTEKA RAJA AMPAT: selain belajar, melatih keterampilan untuk kemandirian

waktu baca 2 menit
Rabu, 12 Jul 2023 22:49 0 117 adminkeadilan

PKBM KASIH RUMBAI KOTEKA RAJA AMPAT: selain belajar, melatih keterampilan untuk kemandirian

 

Raja Ampat-Waisai, SuarakeadilanNews.id

PKBM (Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat) KASIH RUMBAI KOTEKA RAJA Ampat yang diKetuai oleh Bornok Silalahi, ST adalah salah satu wadah belajar mengajar bagi masyarakat yang putus sekolah. Diresmikan Tanggal 2 Mei 2023, Oleh Asisten 2 Sekda Kab. Raja Ampat, Bapak Ir.Wahab Sangaji Mewakili Bapak Bupati. Juga dihadiri oleh Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Polres Raja Ampat serta undangan lain.

PKBM ini menerima siswa Paket A, Paket B dan Paket C. Adapun siswa yang sudah Mendaftar Sementara Berjumlah 43 orang.

Salah satu tutor paket C, yang kami temui hari ini. Rabu 12 Juli 2023 di Kantor Sekretariat PKBM, yang juga Bhabinkamtibmas Polres Raja Ampat, AIPDA Sukirno(BKMT Waisai Kota) mengatakan, pembelajaran formal dilakukan rutin dua kali seminggu selama satu tahun.

 

Dimasa liburan semester ini, siswa diajar bercocok tanam (berkebun). Tujuannya agar kemudian hari, bila telah lulus sekolah dan mendapatkan Ijazah paket C nya dan belum mendapatkan pekerjaan, dengan modal yang telah ada ini bisa lebih mandiri dengan memanfaatkan lahan disekitar rumah sehingga meningkatkan perekonomian.

 

Kedepannya, selain bidang pertanian, akan diajar lagi yang berhubungan dengan bidang peternakan dan perairan (khususnya budidaya ikan air tawar).

Ketua PKBM Bpk Bornok Silalahi.ST mengatakan, bahwa PKBM ini murni Sosial, tidak ada pemungutan biasa bagi siswa yang mendaftar sampai mendapatkan Ijazah.

Pengurus dan Tutor adalah Relawan tanpa ada Honor(upah), Ungkapnya. Dan berharap ada Perhatian/Bantuan dari Pemda Kab. Raja Ampat.

 

Penulis ( NH)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

LAINNYA
x