x

Polres Malang Gelar Upacara Hari Kesaktian Pancasila, Teguhkan Makna Ideologi Pancasila Abadi

waktu baca 2 menit
Minggu, 1 Okt 2023 14:11 0 1050 Abdullah Temba

Polres Malang Gelar Upacara Hari Kesaktian Pancasila


MALANG – Kepolisian Resor Malang, Polda Jatim, menggelar upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila dengan khidmat di Lapangan Satya Haprabu, Mapolres Malang, Minggu (1/10/2023). Upacara yang mengambil tema “Pancasila Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Maju” ini bertujuan untuk mengingatkan masyarakat akan pentingnya ideologi Pancasila yang tak bisa digantikan oleh paham apapun.

Upacara yang dilaksanakan dengan penuh hikmat ini dipimpin oleh AKBP Putu Kholis Aryana selaku inspektur upacara. Seluruh personel Polres Malang dan Aparatur Sipil Negara (ASN) turut serta dalam upacara tersebut.

Kasihumas Polres Malang, Iptu Ahmad Taufik, mengatakan Hari Kesaktian Pancasila pada tanggal 1 Oktober ditetapkan sebagai hari nasional berdasarkan Surat Keputusan Nomor 153 Tahun 1967 yang diterbitkan oleh Presiden Soeharto pada 27 September 1967. Setiap tahunnya, peringatan ini menjadi momentum penting bagi seluruh rakyat Indonesia untuk merenungkan dan mengenang jasa para pahlawan yang gugur dalam mempertahankan Pancasila sebagai ideologi negara.

“Hari ini kita melaksanakan upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila, mengingatkan kita semua tentang makna dan nilai-nilai luhur ideologi Pancasila yang tak bisa digantikan oleh paham apapun,” kata Iptu Taufik usai pelaksaan upacara di Mapolres Malang, Minggu (1/10/2023).

Dalam upacara tersebut, selain pengibaran bendera Merah Putih, juga dibacakan naskah ikrar Hari Kesaktian Pancasila 2023. Ikrar tersebut mengandung tekad untuk terus menjaga dan memelihara Pancasila sebagai dasar negara yang menjadi pondasi bangsa Indonesia.

Peringatan Hari Kesaktian Pancasila tahun ini juga diselenggarakan sesuai dengan Surat Nomor 31328/MPK.F/TU.02.03/2023 yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, yang mengatur penyelenggaraan upacara ini secara nasional.

Taufik menyebut, upacara Hari Kesaktian Pancasila di Polres Malang ini merupakan bagian dari upaya untuk memupuk semangat kebangsaan, mengingatkan masyarakat akan pentingnya Pancasila sebagai ideologi negara, dan merayakan keberagaman yang ada di Indonesia. Semangat ini menjadi landasan untuk mewujudkan Indonesia yang maju, berdaya saing, dan harmonis.

“Dengan dilaksanakannya upacara ini, diharapkan kesadaran akan nilai-nilai Pancasila semakin tumbuh dan terus menjadi perekat bangsa dalam menghadapi berbagai tantangan di masa depan,” pungkas Taufik. (Marno /u-hmsresma)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

LAINNYA
x