x

Rencana Kunjungan Pakar Pemberdayaan Indonesia Prof,Owin Jamasy Ke Sorong Selatan.Untuk Kaloborasi Peningkatan SDM dan SDA

waktu baca 2 menit
Sabtu, 5 Agu 2023 22:20 0 111 adminkeadilan

Suarakeadilannews.id Teminabuan,Rencana Kunjugan Prof. Owin Jamasy, Ph.D, yang merupakan pengamat pembangunan dan pakar Pemberdayaan Indonesia sekaligus peneliti senior di SOM Asia e University ke Kabupaten Sorong Selatan Papua Barat Daya dalam rangka kolaborasi pemikiran untuk peningkatan SDM dan SDA karena Kabupaten Sorong Selatan jumlah penduduknya yang sangat begitu besar.dan ada beberapa suku di dalamnya sehingga perlu sekali untuk di tingkatkan sehingga target kesejahteraan dan perekonomian dapat berjalan dengan baik sesuai prinsip pemberdayaan

Kabupaten Sorong Selatan memiliki SDA yang sangat besar namun para investor belum mengetahui bahwa Kabupaten Sorong Selatan memiliki kekayaan SDA yang melimpah seperti Batu Bara Minyak dan emas.

Pengembangan Masyarakat Desa dengan Mengoptimalkan SDM dan SDA syarat dengan pendekatan pemberdayaan

Pembangunan desa merupakan sasaran tepat bagi Indonesia untuk mengembangkan kesejahteraan rakyatnya. Hal ini karena Indonesia disebut negara agraris yang artinya pertanian berperan penting dalam perekonomian nasional, sehingga banyak penduduk Indonesia bekerja di sektor pertanian dan berdomisili di pedesaan. Pembangunan desa dapat dimaksimalkan dengan adanya sumber daya untuk mencapai kesejahteraan masyarakat.

Sumber daya adalah suatu potensi yang dimiliki oleh materi atau unsur lain dalam kehidupan dimana ia dapat meningkatkan kesejahteraan manusia. Sumber daya dapat mensejahterakan manusia dan tentu saja sangat menuntungkan bagi suatu daerah Khususnya Di Kabupaten Sirong Selatan yang memiliki potensi. Setiap sumber daya memiliki kegunaan yang lebih spesifik dan memiliki ciri tersendiri.

Dalam Undang-Undang No. 6 Tahun 2014 tentang Desa, menekankan bahwa negara berupaya dan memberikan dorongan untuk memberdayakan pembangunan desa tersebut dengan memanfaatkan sumber daya yang ada yakni Sumber Daya Manusia (SDM) dan Sumber Daya anusia. Sumber Daya Alam (SDA). Integrasi kedua sunber daya tersebut sangat strategis untuk masa depan masyarakat Sorong Selatan.

Suatu desa memiliki kemampuan yang dapat dikembangkan sehingga tidak hanya menjadi suatu potensi saja. Untuk itu, diperlukan upaya untuk mengembangkan potensi lokal untuk mencapai tingkat kesejahteraan masyarakat desa. Hal ini dapat dilakukan dengan memanfaatkan sumber daya yang ada. Menurut Prof,Owin Jamasy.potensi adalah kemampuan yang mempunyai kemungkinan untuk dikembangkan.

Dalam mengoptimalkan sumber daya yang ada di suatu desa, kita harus bisa meningkatkan kualitas sumber daya manusia melalui peningkatan pendidikan, sehingga nantinya diperoleh tenaga kerja yang memiliki keahlian dalam mengolah suatu SDA dengan baik dan benar.

Salah satu contoh pengembangan masyarakat dalam mengoptimalkan SDA dan SDM yaitu yang saat ini di Kabupaten Sorong Selatan memiliki Sumber Daya Alam yang begitu besar tentunya Sumber Daya Manusianya di berikan pemahaman agar nantinya dapat meningkatkan kesejahteraan sosial ekonomi sehingga masyarakat dengan lapangan kerja.

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

LAINNYA
x