x

Proyek Pelebaran Jembatan Desa Kuniran Tak Sesuai Standar

waktu baca 2 menit
Rabu, 6 Sep 2023 08:30 0 169 sardiono

 

Suarakeadilannews.id , Bojonegoro,- 6 September 2023 – Proyek pelebaran jembatan di Desa Kuniran, RT.19, RW. 04 ,Kecamatan Purwosari, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, diduga tidak sesuai standar. Hal ini terlihat dari tidak adanya papan informasi saat pengecoran, tidak adanya flagman saat pengecoran, dan tidak adanya pelaksana dan konsultan pengawasan.

Padahal, sesuai Peraturan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Nomor 25/PRT/M/2021 tentang Pelaksanaan Pengadaan Pekerjaan Konstruksi Melalui Penyedia Jasa Konstruksi, setiap proyek konstruksi wajib memasang papan informasi. Papan informasi tersebut berisi informasi tentang identitas proyek, waktu pelaksanaan, dan nilai kontrak.

Selain itu, saat pengecoran beton seharusnya juga menggunakan flagman. Flagman adalah orang yang mengatur kelancaran lalu lintas dan mengamankan pekerja agar tidak terkena alat berat atau tertabrak kendaraan yang melintas di area tersebut

Terkait dengan ketidakhadiran pelaksana dan konsultan pengawasan, hal ini juga melanggar peraturan. Pelaksana dan konsultan pengawasan memiliki tugas untuk memastikan bahwa proyek dilaksanakan sesuai dengan standar.

Sebagaimana yang diutarakan oleh salah seorang pekerja proyek ketika ditanya awak media dirinya menuturkan bahwa pelaksana dan konsultan pengawas sedang tidak ada di lokasi proyek, padahal saat itu sedang dalam proses pengecoran.

“Pak joko selaku pelaksana dan pak sugeng selaku mandor proyek sedang tidak ada di lokasi proyek pak,” ucap salah seorang pekerja proyek tersebut.

Sementara itu, warga Desa Kuniran yang enggan disebutkan namanya, mengaku khawatir dengan kualitas jembatan yang dibangun.

“Kami khawatir jembatan ini tidak akan bertahan lama,” kata warga tersebut.

 

Warga tersebut berharap, pihak terkait segera mengambil tindakan untuk memastikan kualitas jembatan tersebut.

( reporter. Tim/red )

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

LAINNYA
x