x

Tidak Adanya Transparansi Penggunaan Anggaran Di Pekon ( Desa ) Singosari Kecamatan Talangpadang Tanggamus Lampung

waktu baca 3 menit
Rabu, 31 Jan 2024 10:39 0 102 puji hartono

Suarakeadilannews.id .Tanggamus Lampung. Program pembangunan di Pekon ( Desa ) Singosari Kecamatan Talangpadang Tanggamus Lampung , pada saat pelaksanaan tidak adanya Study Kelayakan di lapangan , sehingga hasilnya sangat mengecewakan warga masyarakat.

Abdullah Muhidin , selaku Ketua Badan Himpunan Pekon ( BHP ) Pekon ( Desa ) Singosari saat memberikan keterangan kepada Awak Media menerangkan , ditahun 2023 Pekon ( Desa ) kami menganggarkan Pembangunan Instalasi Air Bersih dengan anggaran Dana Desa sebesar Rp 240.000.000 , guna pengerjaan saluran pipanisasi dan pembangunan Bak Penampung Air , yang dianggarkan dari Ketahanan Pangan , Rabu ( 31/01/2024 ) dikediamannya.

Menurutnya pula pembangunan lain yang di kerjakan antara lain : Talud Penahan Tanah di dusun 2 , gorong – gorong , dan Gapura Tugu Perbatasan Desa , yang dananya dianggarkan dari Dana Tambahan Bantuan Berbasis Kinerja senilai Rp 141.000.000 di anggaran perubahan.

Untuk pelaksanaan pengerjaannya perangkat BHP tidak disertakan bahkan sampai saat inipun Laporan SPJ pekerjaan beliau belum menerima ” saya selaku Ketua BHP sudah berulang kali bang ….menegur dan menanyakan hal itu kepada Kepala Pekon ( Desa ) ” ujar A.Muhidin .

” Abang kalau mau kejelasan mengenai seluruh pekerjaan , tanyakan saja langsung kepada Joko …selaku TPK Pekon kami”.

Dalam penelusuran Awak Media kelapangan nampak pada monumen pekerjaan tertulis bahwa pembangunan tersebut sumber dananya dari APB – Pekon TA 2023.
Pada monumen tersebut hanya menyebutkan jenis kegiatan , volume , sumber dana sedangkan besarnya Anggaran Dana tidak nampak.

Salah satu warga masyarakat menerangkan bahwa itu Pembangunan sarana Air Bersih hanya menghambur – hamburkan biaya , karena Air Bersih yang diharapkan bisa dimanfaatkan masyarakat ternyata airnya hidup hanya dalam hitungan hari , ” Pak..Air Bersih itu ngalir paling cuma 2 Minggu dan seterunya sampai sekarang mati ” ujar masyarakat.

Mengenai pembangunan Gapura Tugu Perbatasan Desa , menurut Sigit selaku Kepala Pekon ( Desa ) yang kepada Awak Media di Kantor Pekon ( Desa ) menjelaskan bahwa pembangunan tersebut sudah ada kesepakatan dan sudah dikonsultasikan dengan pihak aparat Kecamatan Talangpadang.

Dalam Pembangunan Talud Penahan Tanah di dusun 2 , pada papan kegiatan tertulis volume pekerjaan 600 meter , dana yang dianggarkan Rp 71.761.000 sumber dana dari Dana Desa , sedangkan menurut keterangan Abdullah Muhidin Ketua BHP pembangunan tersebut sumber dananya dianggarkan dari Dana Bantuan Berbasis Kinerja.

Nampak jelas pertanggung jawaban penggunaan Dana pembangunan tersebut tumpang tindih , tidak jelas Anggaran Dana yang dipergunakan.

Mengingat Anggaran Dana yang dipakai Uang Negara yang dihasilkan dari rakyat sehingga harus jelas sumber dana dan peruntukkannya . Diharapkan pejabat yang berwenang dalam hal ini pihak Inspektorat dan Dinas PMD Kabupaten dapat memeriksa langsung ke lapangan dan mengaudit keuangan Pekon ( Desa ) Singosari.

” Pada akhir keterangannya Abdullah Muhidin berharap adanya Transparansi dari Kepala Pekon ( Desa ) kepada perangkat BHP dalam penggunaan Anggaran , sehingga laporan yang kami minta bisa segera kami terima agar kami mengetahui dan dapat menjawab pertanyaan dari masyarakat” pungkasnya.

Puji Hartono

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

LAINNYA
x