x

Warga Nanggalo Gelar Aksi Ke Kantor Disdik Sumbar, Protes PPDB Jalur Zonasi

waktu baca 2 menit
Kamis, 6 Jul 2023 09:44 0 70 Adewirudin

Padang |SuarakeadilanNews.id – Kecewa anak-anaknya tidak diterima di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri karena terhalang zonasi dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Online. Forum Anak Nagari Nanggalo melakukan aksi ke Kantor Dinas Pendidikan (Disdik) Padang, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar).

Aksi diawali sejak pukul 09.00 WIB, Kamis (06/07/2023). Warga memasang kertas bertuliskan tuntutan terkait anaknya tidak dapat diterima SMA Negeri karena berada di zona blank.

Kemudian, perwakilan Forum Anak Nagari Nanggalo diajak bertemu di ruangan Rapat Lantai 2 Kantor Disdik Sumbar yang diterima oleh Sekertaris Disdik Sumbar Suryanto.

Ketua Forum Anak Nagari Nanggalo Yuldi Efendi mengatakan, aksi ini untuk menyampaikan aspirasi anak Nanggalo, terkait adanya anak-anak yang mempunyai nilai di atas rata-rata tidak bisa masuk ke SMA Negeri karena terhalang zonasi.

Ia mencontohkan, sekolah tersebut 2 SMA Negeri yang paling dekat dari kawasan Nanggalo, seperti SMA Negeri 3 Padang dan SMA Negeri 12 Padang.

Ia menyebutkan, SMA Negeri yang ada di Nanggalo hanya satu yakni SMA Negeri 12 Padang saja.

“Sementara jarak yang dekat dari Nanggalo hanya dua SMA Negeri tersebut. Bagaimana anak-anak ini akan diterima sementara kuota zonasinya tidak cukup,” ujar Yuldi.

Ia melanjutkan, hal tersebut jelas karena terhalang zonasi tersebut, bahkan mereka dianjurkan ke sekolah swasta.

“Sementara mereka mempunyai kualitas nilai yang memadai. Jumlah anak kita itu ada sekitar dua puluhan, ini juga terjadi tahun sebelumnya,” ujarnya.

Sementara itu, Sekretaris Disdik Sumbar Suryanto mengatakan, pihaknya mengapresiasi kepada Forum Anak Nagari Nanggalo yang telah datang ke Kantor Disdik Sumbar.

“Ini yang seharusnya kami butuhkan, bagi kami ini akan masukan untuk jadi bahan evaluasi. Mudah-mudahan ada perbaikan kedepannya karena regulasinya dari Kemendikbud,” ujarnya. (*)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

LAINNYA
x